Rabu, 08 Oktober 2008



KIAT SELALU BERENERGI
DI KANTOR.....

"Kelelahan adalah keluhan yang paling sering diutarakan wanita kepada dokter mereka," kata internis dari New York City, Erika Schwartz, M.D. kepada majalah Redbook. "Dan rasa lelah itu tak hanya mengganggu - tapi juga menandakan bahwa tubuh Anda meminta bantuan. Kalau tidak memperhatikannya, Anda bisa sakit." Karena itu, Alice Domar, Ph.D., direktur The Mind-Body Center for Women's Health at Beth Israel Deaconess Medical Center di Boston, menyarankan agar para wanita bekerja mengambil langkah-langkah ini: * Jangan lupakan humor. Biar pun serius bekerja, sisakan waktu sedikit untuk bersantai dan membuat suasana di kantor menyenangkan. Misalnya, dengan saling tukar e-mail lucu, membuka-buka majalah, bercanda dengan teman, agak-agak melamun dan berkhayal sekitar 2 menit, atau dengerin musik.

1.Cari energy buster.
Banyak cara untuk mengatasi kebosanan dan keletihan. Di antaranya adalah dengan menghentikan pekerjaan Anda selama beberapa saat. Lalu, Anda bisa berjalan sebentar ke luar kantor untuk memperoleh sinar matahari. "Paparan sinar matahari, diet, dan olahraga, akan mempengaruhi mood dan meningkatkan energi," kata Morton Harmatz, Ph.D., seorang dosen psikologi. Kalau Anda tidak bisa keluar, Anda bisa berdiri di balkon atau di ruangan yang memperoleh cahaya matahari. Khasiatnya seperti kafein, yaitu mmebuat Anda lebih siaga.

2.Bernapas dengan benar.
Dalam keadaan serius, orang sering lupa untuk menarik napas dalam-dalam. Akibatnya, Anda tidak cukup memperoleh oksigen, terlalu banyak karbonmonoksida dalam darah, dan Anda cepat letih. Bernapas yang baik bisa dilakukan lewat diafragma beberapa kali sehari. Caranya, taruh tangan Anda di perut. Selagi Anda menarik napas, fokuskan perhatian pada gerakan perut dan dada. Cara ini secara otomatis akan memperluas paru-paru bagian bawah, dan membuat Anda lebih banyak memperoleh udara.

3.Bergerak lebih sering.
Apa pun gerakan yang Anda lakukan, jauh lebih baik ketimbang hanya duduk menatap komputer. Regangkan badan, berjalan, atau bahkan ngulet alias menggeliat. Pergilah ke kamar mandi. Ambil air minum sendiri. Pokoknya, jangan sampai mata Anda menatap objek yang sama dalam waktu lebih dari 30 menit.

4.Hindari kebisingan.
Suara-suara bising seperti kendaraan bermotor, suara orang ngobrol dengan nada yang tak beraturan adalah pemicu stres. "Hal itu akan mengurangi kualitas hidup dan merusakkan efek psikologis," kata Arline Bronzaft, Ph.D., mantan dosen psikologi di Lehman College at the City University of New York.

"Denyut nadi dan darah akan meningkat dan adrenalin meninggi, dan membuat sistem saraf akhirnya kehabisan energi." Menghindari kebisingan memang agak mustahil, namun Anda bisa melakukannya dengan berkonsentrasi penuh pada pekerjaan Anda. Atau, kalau bisa, Anda bisa menghibur diri Anda dengan meninggalkan sumber kebisingan itu sejenak. * Makan dengan strategi yang tepat. Menurut para ahli, makan ketika lapar dan berhenti ketika Anda sudah kenyang, adalah makan yang menghasilkan cukup energi. Selain itu, jauhi makanan yang tinggi-lemak. Jangan lupa juga menyertakan unsur zat besi dalam menu makan, karena zat besi akan melancarkan peredaran oksigen ke jaringan tubuh. Selain membatasi alkohol dan kopi, Anda juga dianjurkan untuk tidak makan terlalu sedikit. Perut lapar akan mengganggu konsentrasi Anda bekerja.

Nah, Anda yang kerap kehabisan energi, coba aja strategi tadi. Ingat, energi yang cukup sangat diperlukan demi menunjang pekerjaan dan tugas Anda sehari-hari. So, kini Anda nggak perlu loyo lagi kan di kantor?

Tidak ada komentar: